Destinasi Wisata SILOKEK Sangat Memukau

EM Radio Info

Kabupaten Sijunjunjung – SUMATERA BARAT

Pada kawasan Muaro Silokek Durian Gadang (Musiduga) Di sepanjang kawasan ini wisatawan dapat menikmati keindahan alam pantai pasir putih yang memukau, keindahan panorama ngarai batu berjajar yang menawan serta wisatawan juga dapat melihat gua (ngalau), air terjun Palukahan taman anggrek yang mempesona, panjat tebing, arung jeram, serta dikawasan ini juga tersedia pemandian air panas dan wisata budaya lokomotif uap peninggalan Jepang.

Kawasan yang sangat memukau ini tepat untuk dijadikan destinasi wisata. Objek wisata SILOKEK ini sudah resmi menjadi kawasan ( GEOPARK NASIONAL ), yang telah mendapatkan sertifikat Geopark Nasional oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya (30/11/2018) silam.

Wisatawan dapat melihat berbagai keindahan seperti :

Ngalau Cigak

Nikmati aliran sungai bawah tanah dan keindahan disekitar ngalau anda akan melihat CIGAK (Kera) yang jinak yang lucu.

Ngalau Talago

Ngalau Silukah

Ngalau seribu

Air Terjun Taye

Air Terjun Palangi

Air Terjun Palukahan

untuk mencapai air terjun Pelukahan ini wisatawan harus jalan jalan kaki dari jalan utama, Walaupun demikian jalanan setapak yang dilalui menuju air terjun ini cukup bagus, sehingga perjalanan terasa menyenangkan sambil menikmati hutan-hutan di sekelilingnya.

Penangkaran Bunga Jenis Antorium

Bunga jenis antorium ini, sangat indah, antorium ini di tangkarkan oleh kpa wanusa kabupaten sijunjung, berbagai jenis antorium yang sudah di tankarkan sekarang.

Pasir Putih

Biasanya pasir putih kita temukan di tepi pantai. Ternyata juga kita temukan pasir putih di tepi batang kuantan nan elok dan indah. Biasanya setiap tahunnya diadakan turnamen volley pantai di sini.

Wisata Anggrek

Arung Jeram

Bagi pengunjung yang hobby arung jeram dengan derasnya aliran batang kuantan yang mengalir sepanjang kenagarian silokek. pengunjun bisa menguji adrenalin disini, karna sungai yang mengalir sepanjang 38 Km ini termasuk kedalam kategori kesulitan tingkat III. disini juga sering di adakan event-event arung jeram. sepanjang aliran sungai juga dapat menikmati pemandangan tebing-tebing terjal dan goa-goa kecil.

Climbing

Salaju Sampan

lomba selaju sampan di Batang Kuantan Muaro Sijunjung, jalan menuju objek wisata Musiduga (Muaro Silokek Durian Gadang)

Lokomotif Uap Sejarah

Tidak terlalu jauh dari air terjun Palukahan, terdapat sebuah lokomotif tua bukti sejarah peninggalan zaman penjajahan jepang yang terkenal juga dengan peristiwa logas.

Batu Basurek

Makam Tanah Bato

Secara geografis letak Kabupaten Sijunjung membujur ke arah timur perdalaman Pulau Sumatera, berada pada hamparan Bukit Barisan dan memungkinkan daerah ini terdapat banyak bukit, lembah, ngarai, ngalau dan puluhan sungai besar dan kecil diantaranya Sungai Batang Hari, Batang Kuantan, Ombilin, Palangki, Batang Sukam dan lain-lain. Keunggulan komperatif alam Sijunjung menjadikan daerah ini tujuan wisata alam alternatif di Sumatera Barat.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar Kabupaten Sijunjung anda dapat menuju Muaro Sijunjung dari tiga pintu masuk, pertama dari selatan (Jambi, Teluk Kuantan, Dharmasraya) masuk dari Simpang Tanah Badantung menempuh + 10 KM untuk sampai ke Muaro Sijunjung, kedua dari arah Barat (Padang, Solok, Sawahlunto), masuk dari Simpang Muaro Bodi menempuh jarak + 8 KM menuju kota ini, dan dari arah utara (Batusangkar, Bukittinggi, Payakumbuh, Pekanbaru) anda harus menempuh jalur Jalan Negara Lintau Setangkai menuju Tanjung Ampalu dan + 7 KM akan sampai di Muaro Sijunjung.

Perjalanan menuju kawasan wisata Alam Silokek dimulai dengan melewati jembatan Ombilin dengan sepanjang +100 m, melewati jalanan kecil yang menurun mendaki dan berliku dibalut oleh hutan dan perbukitan batu terjal menelusuri ke hilir Daerah Aliran Sungai Batang Kuantan nan indah, jalur ini merupakan bekas Jalan kereta api yang dibuat semasa penjajahan jepang dengan sistem kerja paksa atau lebih dikenal denga romusha. Aliran sungai yang deras sangat bagus untuk olahraga petualang Arum Jeram, untuk Arum Jeram Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung telah menyediakan dua unit perahu karet yang dapat digunakan dengan menghubungi pihak terkait, + 4 KM atau 15 Menit perjalanan mobil anda akan menemui sebuah ngalau atau gua ditepi jalan.

Sumber : Comrasnia (HRA)